1.SIMPAN DATA YANG PERLU-PERLU SAJA
hindari sebisa mungkin untuk tidak menyimpan data/software yang kurang perlu saat ini. kalo emang akan diperlukan, simpan di eksternal harddisk. Jika isi harddisk Anda tidak banyak, maka harddisk tidak akan menghabiskan waktu lama untuk mencari data yang Anda butuhkan.

2.REVIEW BULANAN ISI HARDDISK
Kadang-kadang harddisk berisi program / data yg sudah tidak diperlukan lagi. Setidaknya, sebulan sekali Anda perlu memeriksa programprogram Anda dan putuskan program aplikasi atau game apa yang tidak begitu diperlukan. Jika Anda menemukannya, hapus saja dari harddisk. Jika program tersebut memiliki pilihan uninstall, gunakan saja fitur itu.

3.REBUILD, REPAIR, DEFRAG
Pada suatu saat, penghapusan file-file yang tidak perlu mungkin tidak lagi memadai. Sebenarnya, semakin banyak Anda menghapus dan menambah file, harddisk Anda akan semakin terfragmentasi. Jika hal ini Anda biarkan, hal-hal buruk bisa saja terjadi pada harddisk tersebut. Harddisk Anda akan mulai berjalan dengan lamban, dan pada saatnya meskipun waktunya relatif cukup lama- harddisk tersebut bisa merusak dirinya sendiri.

Jika harddisk Anda terfragmentasi, cara yang sederhana untuk mengatasinya adalah dengan mendefragmentasi harddisk tersebut. Itulah alasannya program seperti Defrag bisa Anda dapatkan secara gratis pada Windows, untuk membantu mengoptimalkan harddisk Anda. Defrag memeriksa harddisk Anda, mencari file-file apa yang tidak pada tempatnya, dan juga memindahkan file-file lain sesuai dengan urutannya.

4.SHUT DOWN DENGAN BENAR
Hal yang juga sangat penting bagi pemilik computer adalah tidak sembarangan mematikan komputer, biasakan LOG OFF sebelum shut down.

5.Simpan software yang penting (sistem operasi) pada harddisk yang lebih cepat
6.Jadikan harddisk yang lebih cepat sebagai master yang terinstall OS
7.Kalau bisa, tempatkan OS dalam drive tersendiri, data harian di hard drive lain
8.Gunakan eksternal harddisk untuk penyimpanan data dan software yang kurang penting atau yang jarang digunakan
9.Yakinkan bahwa semua komponen terpasang dengan benar tanpa terjadi konflik (lihat di Device Manager)
10.Bersihkan isi komputer anda dari debu / sarang laba laba setiap 2 bulan sekali. cek kipas processor dan pastikan kabel2 terikat dengan benar (tidak semrawut)

sumber : http://ilmukita.com